10 Cara Mengatasi Lag AOV Garena yang Mungkin Ampuh

Selain Mobile Legends sekarang ini di media sosial Facebook selalu dihiasi gambar dari game AOV Garena (Arena of Valor).


Game ini tidak mengenal umur, baik muda maupun yang sudah menjadi orang tua, terkadang mereka menghiasi timeline dengan status char Garena AOV-nya.


Tak terkecuali saat AOV lag parah pun juga ada status mengenai AOV Garena yang sedang lag terus.


Arena of Valor ngelag, dimana game AOV patah-patah saat dimainkan adalah masalah yang sering terjadi yang tidak mengenal dengan spesifikasi hp.


Baik yang memiliki ram 1gb, ram 2gb, ataupun pengguna hp smartfren, hp xiamoi, hp samsung, redmi 2, maupun asus ataupun model terkenal seperti hp iphone ...


Ataupun pengguna android/ios semua mengalaminya. Tak terkecuali, walaupun memakai wifi indihome di rumah (ini salah satu contoh modem yang sering dibicarakan) yang kencang pun, atau pengguna kuota 4g, 3g, dsb juga mengalami hal ini.

Mengapa Arena of Valor Lag?


Ada dua faktor yang membuat AOV lag patah-patah saat war maupun ketika sedang membuka game AOV, yakni faktor internal dan faktor eksternal.

  • Faktor internal: kebiasaan pengguna, dan HP
  • Faktor Eksternal: Jaringan internet, dan server game AOV (biasanya terjadi saat setelah update game)


Apakah bisa mengatasi AOV lag banget?


Ada beberapa tips yang bisa dicoba untuk mengatasi lag Garena AOV yang lag saat war maupun ketika membuka game tersebut. Namun cara ini hanya untuk faktor internal saja.

Berikut ini tips untuk mengatasi lag AOV Garena


Gunakan airplane mode

airplane mode untuk mengatasi lag aov garena ampuh

Bagi pengguna Wifi, agar game AOV Garena tidak lag saat dimainkam cobalah gunakan Airplane mode untuk mencegah orang-orang terdekat menelpon ketika sedang bermain AOV.


Dengan begitu dapat menimalisir lag AOV karena ada aplikasi bawaan HP yang bekerja tiba-tiba yakni, telepon.


Biasanya jika telpon masuk saat memainkan game AOV agak berat dibandingkan sebelumnya, jika memiliki spesifikasi hp pas-pasan bisa-bisa patah-patah.

Carilah tempat dengan jaringannya stabil


Cara yang satu ini dikhususkan untuk pengguna kuota, khususnya 4G. Bagi pengguna 3G lebih baik jangan main game ini hal ini karena game AOV memerlukan koneksi yang cukup lumayan banyak.


Untuk itu disarakan untuk upgrade ke 4G agar lebih maksimal dan carilah tempat dengan jaringan yang stabil dimana status bar yang ada di hp penuh dan jebol.

Force stop aplikasi yang tidak perlu


force stop agar aov lancar main tidak patah-patah

force stop atau biasa disebut memberhentikan paksa aplikasi dapat meningkatkan daya kerja RAM di HP yang membuat game AOV stabil dan lancar.


Bayangkan jika aplikasi-aplikasi lain bekerja dan dipadukan AOV secara bersamaan, hal ini dapat mengurangi daya kerja RAM dan membuat AOV lag karena terlalu banyak aplikasi yang bekerja.


Jika dianologikan seperti ketika satu orang mengerjakan tugas banyak, salah satunya adalah tugas berat, dan tugas itu dikasih waktu oleh guru/dosen dengan kurung waktu yang singkat.


Untuk memudahkan pengerjaan tugas tersebut maka yang harus dilakukan adalah mengerjakan satu per satu tugas tersebut, jika mengerjakannya sekaligus bisa-bisa otak keblinger.

Untuk memberhentikan paksa aplikasi di android berikut ini caranya:
  1. Pergi ke setting (yang ikon gerigi)
  2. Selanjutnya masuk ke aplikasi manager (Application Manager)
  3. Setelah itu cari aplikasi yang ingin diberhentikan paksa, contoh Opera Mini
  4. Terakhir pilih force stop

Disarankan jangan hanya satu aplikasi saja yang di force stop.

Hapus aplikasi yang tidak perlu


Faktor game AOV lag bukan hanya pada di atas saja, memiliki aplikasi yang jarang digunakan alangkah baiknya untuk dihapus.


Memiliki aplikasi yang banyak dapat memakan ruang kosong yang ada di Hp apalagi jika aplikasi tersebut dijalankan, akan memakan RAM.


Jika begitu maka akan memberatkan hp, untuk itu lebih baik dihapus untuk menimalisir lag Garena AOV.

Istirahatkan sebentar lalu main kembali

Hp jangan dipaksakan untuk bermain AOV secara terus menerus, hal tersebut dapat membuat hp kepanasan dan akan merusak komponen hp jika terus dibiarkan.


Ketika di istirahatkan, jangan coba-coba buka aplikasi yang lain seperti Facebook, Instagram, Line, dsb. Diamkan HP kalau perlu matikan hp untuk beristirahat kira-kira 20 menit.

Atur resolusi game yang pas dengan HP

Cobalah untuk tiral & dan error untuk mengatur grafis dan setting game AOV agar pas dengan HP. Cara ini supaya untuk menimalisir lag AOV Garena karena jika memiliki spesfikasi hp yang pas dan pengaturan game-nya yang tinggi maka akan memberetkan game dan bahkan keluar sendiri


Karena hp memiliki spesifikasi yang bermacam-macam jadi untuk pengaturan ini silahkan trial & error sendiri agar game AOV enteng untuk dimainkan.

Update Android



Cara ini dikhususkan untuk pengguna Android. Silahkan di cek di pengaturan apakah OS nya menggunakan yang versi lama atau tidak.


Menggunakan Android yang lama(contohnya gingerbread) terkadang ada bug saat memainkan game ini bahkan idak bisa memainkannya.


Untuk mengeceknya berikut ini caranya:

  1. Masuk ke settings (ikon gerigi)
  2. Setelah itu pilih About Phone
  3. Lalu terakhir System Updates

Hapus file yang tidak terpakai dan Clear Cache


Menyimpan file yang tidak terpakai sampai file tersebut usang di hp lama-lama akan menumpuk jika terus dibiarkan, hal tersebut akan memberatkan hp.


Maka dari itu disarankan untuk menghapus file tidak terpakai baik itu video, foto ataupun yang lain. Dan kalau perlu clear cache pada setiap aplikasi agar tidak memberatkan memori HP saat bermain AOV.

Jangan main AOV sambil ngecas




Memaksakan hp dipakai untuk bermain ketika di cas dapat mengakibatkan hp cepat panas, di satu sisi hal ini juga dapat merusak komponen hp yang seharusnya di istirahatkan.


Maka dari itu jangan main game aov sambil cas, bisa mengurangi umur hp.


Itu merupakan beberapa tips mengatasi lag game AOV garena dari faktor internal. Untuk faktor eskternal, sulit dan bahkan tidak bisa mencegahnya hal tersebut karena beberapa faktor dari gangguan jaringan internet yang merupakan diluar kendali kita, namun ada satu tips yang bisa dilakukan jika menyangkut jaringan internet.

Jangan main game AOV ketika hujan


Ketika hujan biasanya jaringan internet tidak stabil, bahkan bisa terputus dan membuat modem rusak jika ada petir. Jadi lebih baik dimainkan ketika tidak hujan saja.


Itulah beberapa cara mengatasi lag game Garena AOV (Arena of Valor) yang mungkin ampuh untuk dilakukan.



Copy link artikel iniloading short url